Cara Kerja & Penggunaan AC Inverter yang Baik & Benar.

Cara Kerja & Penggunaan AC Inverter yang Baik & Benar.

Ruangan Dengan AC Inverter

Pada umumnyaq saat ini AC terkategori ke dalam dua golongan. Ialah AC Inverter dan AC Non Inverter. Agar  kita lebih memahaminya, kali ini kita akan mengulas mengenai jenis ac inventer .

Bila kita sering keluar masuk kantor di berbagai perusahaan, Kita akan merasakan dinginnya udara dari AC yang ada di tiap kantor tersebut. Akan tetapi jika kita perhatikan dengan seksama, beberapa dari kantor-kantor tersebut masih keliru dalam teknis penggunaan ac-nya. Sehingga menyebabkan  AC cepat kotor dan rusak.

Yang lebih ironis lagi, banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara ac inventer dan non-inventer, sehingga mereka memperlakukan ac inventer sama dengan ac non-inventer. Padahal keduanya sangat berbeda, tentu cara merawatnya juga berbeda, tidak bisa disamakan satu sama lainnya.

See also  Servis AC Cipinang

Cara Menggunakan AC Inverter yang Baik & Benar.

Untuk menghindari kerusakan pada ac Inverter kita, sebaiknya kita menyimak tips dan trik dalam menggunakan ac inventer berikut ini, agar ac yang kita beli jadi lebih awet dan tentunya hemat listrik. mari kita simak.

1. Hindari Under Capacity Dalam Menggunakan AC Inventer

daikin-inverter

Yang dimaksud under capacity adalah kita dilarang menggunakan kapasitas PK yang lebih kecil dari pada kebutuhan ruangan. Fungsi dari kapasitas PK yang bertingkat tersebut adalah untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen. Kalau ruangan lebih besar tentu kapasitas PK yang dibutuhkan lebih besar pula.

Misalnya Kita mempunyai ruangan dengan luas 4×5 meter, maka sebaiknya kita menggunakan ac inverter dengan kapasitas 1,5 PK. Jika luas ruangannya berukuran 4×6 meter atau lebih luas, maka kita harus menggunakan ac inverter dengan kapasitas 2 PK.

Atau jika luas ruangannya kecil di bawah 4×4 meter, kita dapat menggunakan ac inverter dengan kapasitas PK yang kecil. 1 PK saja sudah cukup memadai untuk mendinginkan ruangan kantor kita.

Pemilihan kapasitas Pk yang tepat dapat sangat berpengaruh jika kita ingin menghemat daya listrik. Karena semakin besar kapasitas PK yang dimiliki AC, maka daya listrik yang dibutuhkan otomatis lebih besar.

Dapat kita ilustrasikan, misal kita punya rumah atau kantor. Di rumah kita listriknya sebesar 7.700 watt. Kita punya 2 pompa air, dimana 1 pompa air kita gunakan untuk menyedot air dan pompa satunya anda gunakan untuk mendorong air, 3 unit AC, lampu, 2 unit kulkas dan perangkat elektronik lainnya.

Kamar utama kita berukuran luas 4×6 dengan ac yang terpasang disana berkapasitas 1,5 PK. Jika ruangan dengan luas 4×6 dipasang ac bekapasitas PK 1,5 sebenarnya masih kurang dingin. Sehingga di dalam kasus ini kita akan menaikkan kapasitas ac menjadi 2 PK.

Jangan salah paham ya, meskipun ac dinaikkan menjadi kapasitas 2 PK, belum tentu listrik akan ikut naik.  Hal ini karena kita menggunakan unit ac yang sesuai kebutuhan. Kalau luas ruangan ukuran 4×6 dipasang ac dengan besar kapasitas Pk 1.5, maka otomatis mesin ac akan lebih keras bekerja, sehingga membutuhkan daya  listrik yang lebih banyak.

Untuk itu sebaiknya kita mengetahui kebutuhan serta spesifikasi lengkap dar unit AC yang ingin kita beli. Seperti contohnya kita punya ruangan dengan luas 3×3 atau 3×4 meter, kita bisa menggunakan ac inventer kapasitas 1 PK. Dengan begitu Kita akan bisa lebih hemat listrik.

Ada rekomendasi ac inventer yang bagus dan berkualitas, kita bisa memilih salah satu dari ac daikin high inventer atau ac panasonic elite inventer. Bukan mau promosi  tapi memang dua tipe ac tersebut termasuk kategori paling bagus diantara ac inventer yang ada.

Panduan Penggunaan AC Ruangan

Untuk penggunaannya pada ruangan anda, berikut ini referensi yang bisa kita ikuti::

– Di bawah/kurang dari 9 meter persegi – AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 atau AC Daikin Inverter Smile 1/2PK FTKC15QVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP.

– 10 meter persegi hingga 13 meter persegi – AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP atau AC Daikin Inverter Smile 3/4PK FTKC20QVM4 atau AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

– 14 meter hingga 17 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25PVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP atau AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

– 18 meter persegi hingga 23 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35PVM4 atau AC Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35NVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1.5PK CS-VU13SKP

– 24 meter persegi hingga 33 meter persegi – AC Daikin High Inverter 2PK FTKV50NVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 2PK CS-VU18SKP atau AC Daikin Inverter Smile 2PK FTKC50NVM4

– 34 meter persegi hingga 40 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 2.5PK FTKC60NVM4 atau AC Daikin High Inverter 2.5PK FTKV60NVM4

– Untuk ruangan dengan luas 40 meter persegi keatas harus menggunakan AC berkapasitas 3 PK. Beberapa produk unggulan yang terekomendasi bisa kita pilih adalah Ac Cassette, Floor, Ceiling atau Ducting yang mana tiap jenis AC tersebut juga ada inventer.

 Kalau misal ruangan Kita diantara 9,5 atau 13,5 meter persegi lebih baik dibulatkan keatas. Untuk ukuran ruangan 9,5 m2 dapat menggunakan AC 3/4 PK, sedangkan ruangan dengan ukuran 13,5 m2 bisa menggunakan AC 1 PK.

2. Gunakan Remote dengan AC dalam jarak yang Dekat.

hemat-ac

Sebenarnya ini masalah yang lumrah dan sering dilakukan oleh para pengguna AC. Dalam menggunakan Ac tipe apa pun, untuk mengatur suhu tidak boleh terlalu jauh sehingga jaraknya tidak dapat dijangkau AC-nya. Untuk AC non inventer hal ini tidak terlalu masalah. Namun untuk penggunaan AC inventer hal ini menjadi hal yang sangat serius.

Kenapa? Perlu diketahui AC inventer akan berkurang konsumsi daya listriknya saar suhu ruangan sudah cukup mendekati suhu remote dan akan turun ke daya watt minimal jika suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote.

Jadi berapa suhu remote yang dianjurkan? 16, 18 atau 20? Jika Kita punya pola pikir seperti itu maka harus dirubah secepatnya. Hal ini merupakan kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh para pengguna Ac. Baiklah, mari kita mengulas mengenai temperatur suhu. Perlu kita ketahui bahwa suhu yang tertera di remote Ac bukan indikatir temperatur suhu ruangan.

Mari kita perjelas pembahasan kita. Misal kita set suhu 19 di remote, hal itu adalah  perintah kita kepada AC untuk mendinginkan ruangan hingga 19 derajat. Nah, dengan perintah kita tersebut, Ac kemudian akan mulai bekerja terus menerus agar suhu ruangan menjadi 19 derajat.

3. Apakah AC Mampu Membuat Suhu Ruangan Menjadi 19 Derajat?

 

kondisi-ruangan

 

Kita ambil contoh ilustrasi yang berbeda. Kalau kita bepergian ke Lembang, Bandung, cobalah keluar ruangan pada jam 4 atau 5 pagi? Kita akan merasakan dingin yang sangat, bahkan bisa dirasakan hingga tulang atau minimal mulut kita bisa kaku karena kedinginan.

Atau setidaknya, ketika kita bernapas atau berbicara maka mulut kita akan mengeluarkan asap tanda kedingnan. Kalau Kita coba-coba ingin cek suhunya, mungkin bisa sampai 19 atau 17 derajat celcius.

Cobalah kita kapan-kapan pergi liburan ke daerah pegunungan bisa dicoba deh bersama keluaga. Mana tahu kita malah betah disana dan mencari rumah, jadi tidak perlu membeli AC lagi untuk mendinginkan ruangan. Jadi akan lebih hemat listrik.

Kita Kembali ke pembahasan tentang suhu 17 derajat yang kita inginkan tadi. Kalau kita ingin suhu ruangan seperti suhu di pegunungan yang sangat dingin, belum tentu kapasitas Ac yang kita miliki kuat dan mampu membuat suhu  menjadi sangat dingin. Kecuali kita menggunakan unit AC dengan kapasitas lebih besar dari kebutuhan.

Misanyal, di ruangan kantor yang memiliki ukuran luas 3 x 4 meter. Kita ingin suhu ruangannya minimal 20 derajat  sepanjang hari. Kita bisa memasang AC inventer 2,5 PK sebanyak 2 unit di ruangan tersebut.

Pemasangan Ac 2 unit ini dimaksudkan agar AC-nya  bekerja secara bergantian, jadi 1 unit Ac hanya menyala untuk waktu 12 jam saja. Hal ini juga berfungsi agar AC bisa lebih awet dan tahan lama. Jangan lupa juga untuk memasang termometer digital di dalam ruangan tersebut dan set suhu di remote AC pada posisi 19 derajat celcius.

Sebenarnya kami telah mencoba melakukan pemasangan AC dengan metode ini. Setelah kami pantau selama seminggu, suhu ruangan berada di kisaran posisi 19,2 derajat hingga 20,3 derajat celcius.

Dalam kurun waktu seminggu selama pantauan tersebut tidak pernah kami dapati suhunya lebih dari 21 derajat celcius, meskipun di siang hari sekalipun. Untuk itu Kita bisa mencoba cara yang sudah dilakukan ini, bila ingin memperoleh suhu yang diinginkan selama 24 jam non stop.

Sebenarnya di dalam ruangan sebesar itu, jika kita mengikuti panduan pemasangan AC inventer sudah cukup memadai bila menggunakan AC 3/4 PK.

Namun, jika kita hanya menggunakan AC 3/4 PK, suhu dalam ruangan di siang hari maksimal hanya menyentuh 24-25 derajat celcius saja, kalau di malam hari suhunya maksimal hanya bisa mencapai 23 derajat celcius. Kalau kita ingin suhu yang lebih dingin lagi ya mau tidak mau harus dinaikkan lagi PK-nya.

Perhitungan mudahnya, jika tiap turun 1 derajat, maka kapasitas PK-nya juga harus dinaikkan. Kembali ke ulasan mengenai suhu remote untuk Ac inventer. Jika Ac tidak mampu mencapai suhu remote, maka kompresor secara otomatis akan dipaksa bekerja secara terus menerus.

Selain itu daya watt listrik yang disedot dalam keadaan maksimal terus. Sehingga menyebabkan AC-nya lebih boros listrik. Padahal daya watt maksimum AC inventer lebih tinggi dan Ac non inventer dengan besaran kapasitas PK yang sama.

Sebagai ilustrasi, untuk AC Daikin Deluxe Thailand 1PK FTM25JV14 Watt-nya adalah konstan di kisaran 722 watt selama AC-nya menyala. Sedangkan untuk AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 rentang Watt-nya 220 – 850 Watt.

Kalau keduanya digunakan di dalam ruangan seluas 4×5 meter. Dapat dipastikan  untuk tipe Deluxe Thailand akan lebih hemat daya listrik daripada  tipe AC Daikin High Inverter. Mengapa bisa demikian? Karena ruangan seluas 4×5 harusnya menggunakan 1,5 PK, jika hanya menggunakan 1 PK maka akan lebih banyak menyedot watt.

Misalnya kita mau set suhu remote 23, temperatur suhu tersebut tidak akan pernah bisa tercapai. Namun, Ac malah akan bekerja terus menerus untuk mencapai temperatur suhu 23 derajat.

Untuk itu bila kita ingin membeli Ac inventer sebaiknya pertimbangkan dengan matang, sesuaikan luas ruangan dengan kapasitas AC yang akan kita beli.

Kalau ingin lebih mudahnya kita bisa langsung konsultasi dengan penjual AC-nya. Agar nantinya Ac yang kita beli tidak mengalami under capacity dengan ruangan yang ingin kita pasangi Ac.

Cara Kerja AC Inverter

Di era sekarang ini penggunaan AC inverter sudah menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang. Meskipun dari sisi harga jauh lebih mahal akan tetapi jika kita tinjau dari sisi hemat energi jauh lebih unggul dibandingkan dengan Ac non-inverter.

 Apa Itu Teknologi Inverter?

Teknologi interveter adalah suatu teknologi yang meregulasi tegangan (v), arus (I) dan frekuensi (f) di dalam rangkaian listrik.

Sederhanaya begini, dalam suatu rangkaian listrik ada komponen yang dapat menurunkan tegangan tinggi menjadi tegangan rendah, sehingga penggunaan arus dalam suatu rangkain daya listrik tersebut bisa diturunkan. Dan menghasilkan daya listrik yang kecil.

Inti inverter ini adalah suatu alat yang dapat mengkonversi daya listrik tinggi menjadi rendah tanpa mengurangi hasil atau kualitas.

Contoh AC inverter, arus dan tegangan listrik yang masuk dalam suatu rangakain akan diteruskan ke bagain kompresor yang berfungsi mengkonversi arus dan tegangan tinggi menjadi rendah.

Kemudian mikroprosesor akan mengontrol putaran komprosesor dan menghasilkan power yang semula tinggi menjadi rendah.

Apakah AC Inverter Dapat Menghemat Daya Listrik?

Pertanyaan diatas sering dilontarkan oleh kebanyakan orang. Untuk menjawab pertanyaan diatas maka terlebih dahulu kita harus mengetahui cara kerja sistem AC inverter.

Dalam memahami prinsip kerja AC inverter maka bisa kita analogikan seperti seseorang yang sedang mengendarai sebuah mobil di jalan raya.

Ketika kita menyalakan mobil yang awalnya dalam kondisi statis. Maka untuk menjalankan mobil tersebut, kita akan menginjak pedal gas secara perlahan-lahan hingga tercapai pada kecepatan yang ki inginkan.

Lalu saat kecepatan yang kita inginkan telah tercapai, maka secara otomatis kita tidak perlu lagi menekan pedal gas secara keras namun hanya perlu menginjaknya secara pelan atau ringan. Dalam artian ingin menjaga agar mobil melaju dengan kecepatan konstan atau stabil. Hal ini membuat mesin mobil kita mengeluarkan jauh lebih sedikit bakar bakar alias hemat energi.

Prinsip kerja pada AC inverter tidak jauh berbeda dari analogi diatas. Ketika AC dinyalakan, maka ia otomatis akan terus mendinginkan ruangan hingga pada kondisi temperatur suhu yang ideal.

Saat sudah mencapai temperatur suhu yang ideal yaitu 27 C maka AC inverter hanya cukup menyesuaikannya saja sehingga kerjanya menjadi lebih ringan.

Disinilah letak kelebihan AC inverter. Ia memlikii mekanisme yang dapat menyesuaikan kerja sistem indoor dan outdoor.

Keuntungan Menggunakan AC Inverter

Untuk lebih rinci ada beberapa keuntungan yang dapat kita nikmati saat menggunakan AC inverter. Di antaranya adalah:

  • Mampu beroperasi dengan baik saat cuaca ekstrim.
  • Dapat menjaga temperatur suhu ruangan tetap dingin.
  • Dapat menghemat daya listrik.
  • Tahan lama jika dibandingkan dengan AC non inverter.
  • Tidak menghasilkan suara berisik saat dioperasikan.
  • Untuk mencapai suhu yang diinginkan tidak membutuhkan waktu yang lama.
  • Tarikan daya lisrik pertama 1/3 kali lebih rendah dibandingkan AC non inverter.
  • Mampu menghindari beban berlebih saat dioperasikan.
  • Fluktuatif temperatur suhu hampir tidak terjadi.

Setiap teknologi pasti ada kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan teknolgi AC inverter. Kekurangan AC inverter diantaranya adalah:

  • Harga jauh lebih mahal dibandingkan  dengan AC non inverter.
  • Biaya perawatannya mahal.
  • Apabila kompresor rusak maka harus digantikan secara menyeluruh.
  • Tidak ada proses idle atau berhenti sejenak. Karena kompresor akan bekerja terus. Namun jika sudah tercapai suhu yang dinginkan maka otomatis kompresor akan bekerja lambat.
  • Harga sprepart dan Freon nya sangat mahal.
  • Menggunakan pipa yang lebih tebal.

Demikianlah uraian singkat mengenai cara kerja AC inverter, meliputi kelebihan dan kekurangannya. Semoga uraian yang singkat ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk kita agar tidak salah dalam memilih dan menggunakan AC di rumah atau kantor. Terimakasih.

Salam Hangat,

jakarta-ac.com

View more posts by

Leave a Reply