Merawat Kinerja AC Agar Tetap Prima

 

komresor-rusak

 

Kehadiran AC di dalam rumah memberi kesejukan yang menenangkan bagi para penghuninya. Tak masalah seberapa terik cuaca di luar, AC selalu mampu membuat bagian dalam rumah terasa sejuk dan segar. Namun kesejukan ini akan dapat terus menurun seiring dengan bergulirnya waktu. Kotoran yang melekat pada AC dan kondisi AC yang tak lagi prima pun menjadi penyebab utama. Inilah sebabnya Anda perlu merawat AC agar kinerjanya tetap terjaga. Dengan tahapan merawat AC  berikut ini, semua itu bisa terwujud.

1. Bersihkan Filter AC

Bisa dikatakan filter adalah bagian yang paling sering kotor oleh kotoran. Inilah tempat menumpuknya debu yang disaring oleh AC. Kotoran yang tidak dibersihkan pada filter akan membuat AC bekerja lebih keras. Sehingga fungsi AC pun akan berkurang. Otomatis AC juga menjadi lebih cepat rusak. Karena itu, membersihkan bagian filter secara rutin dan teliti akan selalu menjadi bagian penting dalam tahapan merawat AC .

READ  Service AC Murah Pondok Kelapa Cepat Berkualitas

2. Bersihkan Kumparan AC

Bukan hanya filter saja yang harus dibersihkan. Kumparan AC juga harus dibersihkan. Sangat mungkin dan sering terjadi debu juga menumpuk di sini. Bagian kumparan yang tak dibersihkan otomatis akan mengganggu kemampuan AC dalam menyerap panas. Namun berbeda halnya dengan filter, bagian ini tidak perlu dibersihkan secara rutin. Membersihkannya setiap 1 tahun sekali juga sudah memadai.

3. Cek Bagian Termostat

Selalu cek termostat agar AC bekerja dengan baik dan optimal. Jangan mengaturnya pada suhu yang terlalu rendah. Hal Ini akan membuat AC bekerja lebih keras dan memperpendek umur masa pakainya. Saat AC tidak digunakan, Anda bisa mematikan AC. Namun jika ingin lebih menghemat daya listrik, Anda bisa menaikkan derajat suhunya. Sebagai informasi, AC membutuhkan energi  daya listrik yang cukup tinggi saat pertama kali dinyalakan. Jadi jika AC sering dimatikan dan dinyalakan kembali, penggunaan listriknya dengan sendirinya juga semakin besar.

READ  Perawatan AC

Semua tahapan perawatan AC di atas bisa Anda lakukan sendiri secara mandiri. Meski demikian, servis rutin tetap wajib dibutuhkan. Ini dilakukan untuk memastikan agar tidak ada komponen AC yang rusak atau bermasalah pada AC. Tahapan merawat AC yang satu ini memang membutuhkan biaya. Namun jika membandingkannya dengan biaya perbaikan yang muncul akibat abai/lalai dalam merawat AC, biaya servis rutin ini relatif masih jauh lebih kecil dan murah. Apakah Anda sedang mencari layanan service AC berkualitas dan terpercaya, jakarta0-ac.com adalah jawaban kebutuhan Anda.