Dengan kondisi cuaca yang panas, siapapun ingin beristirahat di ruangan yang dingin. Tapi bagaimana jika AC kamar kita tidak dingin sebagaimana mestinya padahal sudah kita rawat dengan servis berkala? Berikut ini beberapa penyebabnya :

1. Pengaturan remote AC yang tidak baik.remote-ac

Penyebab AC nggak dingin bisa datang dari pengaturan remote AC kita sendiri. Jika kita salah mengatur mode-nya, bisa saja udara yang keluar dari AC malah nggak dingin.Perhatikan pengaturan remote AC, jika salah mode-nya, bisa menyebabkan AC kita malah nggak dingin.

Aturlah mode remote AC pada mode auto ataupun cool. sehingga hembusan udara sejuk akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Dan aturlah fan atau kipas AC ke level maximal agar hembusan angin lebih kencang.

2. Tegangan listrik nggak stabil

listrik-gak-stabil

Walaupun AC sering dicuci bila  tegangan listriknya  nggak stabil dapat mengakibatkan AC kurang/nggak dingin. AC  memiliki tegangan listrik yang lebih besar dibandingkan peralatan elektronik lainnya. Sehingga tegangan listrik yang nggak stabil dapat mempengaruhi kinerja mesin AC.
Tapi jangan khawatir, tinggal menunggu tegangan listrik normal kembali, maka secara otomatis AC akan kembali dingin.

See also  Service AC Pondok Kopi

3. Kapasitas pendinginan AC nggak sesuai dengan luas ruangan

kondisi-ruangan

Kita harus memahami bahwa kapasitas pendinginan AC itu berbeda-beda. Kalau kita  nggak menyesuaikan kapasitas pendinginannya dengan luas kamar atau ruangan , hal itu dapat  menyebabkan AC nggak dingin walaupun sudah sering dicuci atau dirawat.Sebagai contoh untuk ruang kamar berukuran 3×3 m2, sangat disarankan untuk menggunakan AC dengan daya setengah PK. Tapi jika ukuran ruang kamar sekitar 6×6 m2, sangat disarankan untuk menggunakan AC dengan daya 2 PK.

4. Kondisi ruangan

kapasitas-luas- ruangan

Kondisi ruangan juga dapat menjadi salah satu penyebab AC nggak dingin. Jika ruangan tempat AC dipasang sering terpapar sinar matahari langsung atau terbuat dari tembok campuran semen dan pasir, ruangan akan menjadi lebih panas sehingga berpengaruh pada kinerja AC.

Jika ternyata ruangan kita kurang mendukung AC untuk mendapatkan hasil optimal, maka kita dapat menurunkan suhu AC atau mengganti AC kita dengan kapasitas pendingin yang lebih besar.

5. Tekanan freon AC kurang

freon

Freon adalah zat yang mengandung titik didih yang sangat rendah, Freon bermanfaat sebagai bahan pendingin untuk AC Oleh sebab itu, bila freon kurang atau bahkan habis menjadi salah satu penyebab AC nggak dingin.

See also  Service AC Semper Barat

Freon sangat praktis, hanya perlu diisi sekitar 4-5 tahun sekali saja. Namun jika AC harus sering diisi freonnya, dapat disebabkan penyebab lain seperti pipa freon yang bengkok/patah sehingga menyebabkan freon bocor. Tapi untuk AC baru namun freonnya sering habis, kita perlu memeriksa ada atau tidaknya kebocoran pada pipa freon.

Bila ada gelembung pada pipa yang telah dilumuri air sabun, ini berarti pipa freon kita bocor. Cara lainnya adalah dengan melihat apakah ada oli yang merembes dari pipa ataupun unit AC. Jika ada, berarti pipa freon kita harus segera diperbaiki.

6. Peletakan mesin AC di tempat yang sempit

ac-ditpt-sempit

Mesin atau kompressor AC biasanya diletakkan di luar ruangan. Namun, jika kita meletakkan mesin AC di ruangan outdoor yang sempit, kompresor AC akan menjadi mudah panas dan rusak. Hal ini dapat mengganggu kinerja AC sehingga menyebabkan AC nggak dingin.

Solusinya adalah dengan meletakkan mesin AC  di luar ruangan yang terbuka dan harus diberi jarak minimal 60 cm dari tembok pada setiap sisinya.

See also  Servis AC Cipinang Muara

7. Kompresor rusak

komresor-rusak

Rusaknya kompressor  dapat menyebabkan AC nggak dingin. Sebagai komponen utama, kompresor bertugasuntuk mengatur sirkulasi freon dari unit AC outdoor ke indoor dan kembali lagi ke outdoor.

Kompresor yang sudah tua mengalami karat atau aus yang menyebabkan kebocoran pada unit kompresor itu sendiri. Tidak hanya itu saja, ampere kompresor yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor. Bila ampere terlalu tinggi, kompresor akan menjadi mudah panas. Hal ini otomatis menyebabkan kompresor lebih sering berhenti untuk mendinginkan suhunya.

Solusi untuk mengatasi kompresor rusak adalah dengan mengganti kompresor dengan yang baru dan sesuai dengan kapasitasnya. Jika usia AC kita sudah lebih dari 10 tahun, kita bisa mengganti unit AC outdoor agar lebih hemat.

Mana yang sering kamu alami dari hal hal tersebut diatas?

Jika ternyata kamu sudah mencoba semua solusi diatas namun AC kamu masih nggak dingin, Segera hubungi kami jakarta-ac.com