Perawatan AC dan Freon

Perawatan AC (AC Maintenance) adalah suatu cara agar kinerja ac tetap awet dan tahan lama sehingga dapat meminimalkan biaya/cost. Karena untuk pengadaan AC (Aircon System) perlu dana yang tidak sedikit.

Nah, agar AC tetap memproduksi suhu dan kelembaban yang ideal, tentu membutuhkan perawatan. Salah satunya dengan membersihkan saringan udara (filter) pada AC yang merupakan komponen vital.

Untuk jenis perawatan AC, ada 2 jenis perawatan yakni perawatan ringan (rutin) dan perawatan lengkap (besar).

Untuk AC rumah, idealnya perawatan rutin ringan dilakukan antara dua minggu sampai satu bulan sekali. Lamanya waktu perawatan ini sangat tergantung pada lokasi/posisi rumah. Bila lokasi/posisi rumah dekat dengan jalan raya atau berada dalam lingkungan yang padat, idealnya perawatan ringan dilakukan dua minggu sekali. Demikian pula bila cuaca panas sekali. Karena biasanya, diikuti dengan debu yang sangat banyak.

See also  Service AC Cibubur

Bila rumah berada di lingkungan yang relatif bersih dan sejuk, jarak perawatan rutin dapat lebih panjang, kurang lebih satu bulan. Sedangkan perawatan lengkap/besar dapat dilakukan tiga-empat (3-4) bulan sekali.

Perawatan besar ini terdiri dari pembersihan seluruh komponen indoor dan outdoor. Sekaligus mengecek kapasitas tekanan freonnya untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak. Perawatan AC menjadi bagian yang sangat vital agar jamur, virus, atau bakteri tidak bersarang pada ac yang sangat beresiko bagi kesehatan kita..

Demi kesehatan kita bersama, ruangan ber-AC juga sebaiknya tetap menyisakan sedikit ventilasi untuk sirkulasi aliran udara. Pergantian/sirkulasi udara dapat memperkecil resiko terjadinya penyebaran bibit penyakit. Namun, sebaiknya lubang udara tersebut tidak terlalu besar untuk menghindari AC dari berat dan boros daya listrik.

See also  Servis AC Utan Kayu Utara

 Tips Memilih Freon

Pemakaian refrigerant AC atau lebih dikenal dengan nama freon juga tidak boleh sembarangan.Untuk menghindari akibat yang fatal. Untuk pemakaian AC rumah, freon yang banyak digunakan adalah tipe R22.

Alangkah baiknya pengisian freon dilakukan setelah perawatan dan pembersihan saringan udara. Jangan sekali-kali menggunakan freon khusus untuk mobil pada AC lokal karena perbedaan tekanan sangat berisiko terjadinya ledakan.

Agar lebih praktis dan aman dalam melakukan perawatan ac, Anda tidak perlu bersusah payah, cukup hubung kami : jakarta-ac.com. Kami siap menangani perawatan dan perbaikan ac anda dengan layanan yang prima.