perawatan-ac-mudah

Suhu udara di Indonesia memang cukup hangat & lembab mengakibatkan rasa panas atau gerah yang sangat tak nyaman di tubuh kita sehingga mau tak mau kita harus memasang AC di rumah & kantor. Pemasangtan AC ini sangat efektif dibandingkan kipas angin yang tidak memiliki fasilitas pendingin seperti AC.

AC memang efektif sebagai pendingin udara yang sangat bermanfaat fungsinya saat siang dan malam. Tentunya bila berfungsi siang & malam bisa merusak mesin AC tersebut. Nah agar kita terhindar  dari hal tersebut kita harus merawat & menjaga AC tersebut agar tetap berfungsi dengan baik.

Bila kita ingin memilih AC, sebaiknya kita mempertimbangkan jenis AC & spesifikasi yang kita butuhkan.Kita harus menentukan Paardekraft (PK) atau tenaga yang dimiliki oleh AC tersebut.

Setelah kita membeli AC. Tentu saja kita ingin barang yang kita beli tetap baik dan terjaga. Maka dari itu kita harus menjaganya dan merawatnya. Berikut ini adalah cara untuk merawat AC dirumah agar tetap awet

READ  Yuk Kenali Freon AC, Senyawa Tak Terlihat Penuh Manfaat

7 Cara Merawat AC di Rumah Agar Awet!

  1. Sebelum kita membeli AC, sebaiknya kita mengetahui ukuran PaardeKracht (PK) AC. Kita juga harus mengetahui ukuran ruangan agar dikondisikan dengan ukuran PK AC. Sebelumnya jakarta-ac.com telah membahas perhitungan PK dalam AC, kita bisa lihat detilnya di tautan tersebut. Jika ukuran PK terlalu lebih besar daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa terlalu dingin. Sebaliknya, jika PK terlalu kecil daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa sedikit dingin dan mesinnya akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan. Maka dari itu kita harus tahu ukuran PK yang cocok untuk ruangan kita.
  1. Jika menyalakan AC harus di ruangan yang tertutup dengan rapat. Hal ini bertujuan agar AC tidak bekerja terlalu keras/overload untuk mendinginkan ruangan dan ruangan terasa sejuk.
  1. Apabila akan bepergian sebaiknya kita mematikan AC. Agar hemat energi & uang pengeluaran.
  1. Gunakan fasilitas timer saat menyalakan AC sesuai dengan kebutuhan. AC sebaiknya dinyalakan maksimal 5 jam dan setelah itu istirahat mendinginkan mesin. Maka dari itu, selama menggunakan AC gunakanlah fasilitas timer agar mesin AC bisa terjaga dengan baik.
  1. Sebaiknya Jangan terlalu sering mengkondisikan  suhu AC menjadi dibawah 22 derajat celcius. Terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius akan membuat mesin AC cepat panas. Selain itu juga, suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang ideal bagi iklim Indonesia.
  1. Lakukan pembersihan secara rutin untuk bagian dalam AC. Pembersihan rutin ini bisa kita lakukan 1 bulan sekali jika udara tidak terlalu keruh. Sebaliknya jika keruh kita bisa lakukan pembersihan 2 kali dalam sebulan.
  1. Sebaiknya kita cek freon dalam AC. Jika freon mengalami bocor atau pengurangan maka AC akan menjadi kurang dingin. Sebaiknya setiap 6 bulan kamu adakan pengecekan freon pada AC oleh teknisi AC. Tak hanya bagian dalam saja AC saja, blower yang terletak di luar gedung sebaiknya dibersihkan secara rutin agar sirkulasi udara semakin segar.
READ  Servis AC Cempaka Putih Timur

Selain kita mengetahui cara merawat penggunaan AC, kita juga sebaiknya sadar akan penggunaan yang tepat akan kebutuhan.

Ingat selalu untuk menghemat energi ya, jakarta-ac.com.