Yuk Kenali Freon AC, Senyawa Tak Terlihat Penuh Manfaat

Bagi masyarakat umum, mungkin sebutan freon sudah familiar di telinga. Hal tersebut terkait dengan AC. Pasti sudah familiar kan?

Dewasa ini, kehadiran AC di rumah, kantor, atau kendaraan sebagai pendingin udara memang tidak dapat dipungkiri lagi. Terutama bagi mereka yang bermukim di daerah Tropis seperti di Indonesia, AC pun otomatis menjadi barang elektronik wajib setiap rumah tangga, kantor, atau kendaraan. Tapi, tahukah kita tentang unsur senyawa yang berperan penting di dalam AC tersebut?

Source: blog.seemelissa.com

Freon, senyawa kimia yang berfungsi sebagai pendingin

Freon atau refrigerant adalah senyawa unsur kimia atau gas yang umumnyaF digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang ingin dikondisikan suhu udaranya. Karena termasuk dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak memiliki warna dan juga tidak berbau.

Freon Terdiri dari berbagai jenis, mulai dari kadar tinggi hingga rendah

Disebabkan fungsinya yang beragam, freon diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas berdasarkan jenis fluida yang digunakan. Jenis-jenis tersebut antara lain CFS (Chlorodifluorocarbon), HCFC (Hydrochlorofluorocarbon), HFC (Hydrofluorocarbon), HC (Hydrocarbon), dan jenis natural yang langsung digunakan dari alam.

READ  Service AC Kelapa Gading Barat

Waspada!!, freon yang tidak dijaga penggunaannya dapat mengancam kesehatan kita

Penggunaan freon secara aman amat sangat dianjurkan. Zat freon ini sebenarnya tidak membahayakan lingkungan selama tidak terlepas ke udara alias instalasi AC tidak mengalami kebocoran. Tapi, jika instalasi bocor AC dan freon terlepas ke udara, maka akan menjadi racun yang berbahaya jika terhirup oleh manusia.

Source: rotarybintaro.id

Akibatnya antara lain adalah keracunan kloroflourokarbon yang mengakibatkan pembengkakan tenggorokan, sakit tenggorokan, sesak nafas, penglihatan kabur, nyeri perut, irama jantung abnormal, tak teratur dan terganggunya sistem peredaran darah.

Freon AC yang berfungsi membantu mengatur suhu ruangan memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis freon pada AC ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kita saat penggunaan. Jadi agar kita yakin dengan freon AC yang kita pakai saat ini, coba cek dulu tipe-tipe freon yang terdapat di pasaran

1. Freon R22

Jenis freon seperti ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0.05 jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Tetapi keunggulan, freon jenis ini tidak mudah terbakar.

READ  Servis AC Setu

Akan tetapi, di Indonesia, peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) menyatakan bahwa sejak tahun 2015 lalu, freon dengan jenis R22 ini dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan lagi. Oleh sebab itu, semua pabrik AC di Indonesia dilarang keras memproduksi, mengimpor atau bahkan menjual produk AC yang masih menggunakan jenis freon R22 ini.

refrigerant/ freon AC tipe R222. Freon R410A

Jenis freon AC ini umumnya digunakan pada tipe AC inverter. Berbeda halnya dengan jenis freon R22, freon jenis ini tidak memiliki potensi perusakan ozon . Sedangkan untuk potensi pemanasan global, freon jenis ini memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis R22. Sama dengan jenis R22, jenis freon R410A ini memiliki keunggulan yaitu tidak mudah terbakar.

refrigerant/ freon AC tipe 410A

3. Freon R32

Jenis freon hasil inovasi oleh Daikin Jepang pada tahun 2012, dan mulai digunakan di line up AC mulai tahun 2013. Jenis freon yang satu ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan freon jenis R410A dan memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis R22 dan R410A. Walau memiliki potensi yang mudah terbakar, freon jenis ini masih aman untuk digunakan untuk AC rumah tangga.

READ  Servis AC Cililitan
refrigerant/ freon AC tipe R32

4. Freon R290

Jenis freon seperti ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya. Tapi karena angka index dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya yang cukup tinggi, banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon AC jenis ini.

Lalu, jenis freon AC apa yang anda gunakan saat ini?

Jika anda ragu dengan kesesuaian jenis freon AC yang anda gunakan, konsultasikan dengan kami, Teknisi kami berpengalaman dan terpercaya  untuk semua masalah AC anda, mulai dari pengecekan, service AC standar, isi/ tambah freon, sampai perbaikan AC dengan kerusakan parah.

Salam Hangat,

jakarta-ac.com